Lowongan Kerja Terbaru UNHCR Badan Pengungsi PBB

LOKER MANTAP - Welcome, Sugeng Rawuh, Selamat Datang, Horas, Salam kami ucapkan kepada Anda semua pengunjung situs Informasi Lowongan Kerja Terbaru ini. Kali ini kabar baik datang dari UNHCR. Sebuah badan penting di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mengurusi pengungsi. Badan UNHCR ini sedang membuka Lowongan Kerja sebagai Resepsionis [Receptionist] di Jakarta. Anda mungkin orangnya yang dibutuhkan. Persiapkan diri anda, dan simak selanjutnya mengenai informasi loker di bawah ini.

Lowongan Kerja Terbaru UNHCR Badan Pengungsi PBB

Sekilas Tentang UNHCR
Sebuah Organisasi Kemanusiaan Global yang Rendah Hati. Badan PBB untuk urusan pengungsi pertama kali terbentuk pada awal Perang Dunia ke-2 untuk membantu orang Eropa yang terpencar karena konflik tersebut. Dengan optimisme, kantor United Nations High Commissioner for Refugees didirikan pada 14 December 1950 oleh Sidang Umum PBB dengan mandat tiga tahun untuk menyelesaikan tugasnya lalu akan dibubarkan. Di tahun berikutnya, pada 28 Juli, Konvensi PBB tentang Status Pengungsi, sebuah dasar hukum dalam membantu pengungsi dan statuta dasar yang mengarahkan kerja UNHCR, dicetuskan.

Pada tahun 1956, UNHCR mengalami keadaan darurat terbesarnya yang pertama, dimana jumlah pengungsi mengalami peledakan dikarenakan Soviet yang menghancurkan Revolusi Hongaria. Segala teori yang menyebutkan bahwa UNHCR tidak dibutuhkan, tidak lagi mengemuka. Pada tahun 1960-an, dekolonisasi Afrika menyebabkan krisis pengungsi dalam jumlah terbesar dalam benua tersebut hingga membutuhkan intervensi UNHCR. Selama dua dekade berikutnya UNHCR membantu mengatasi pergerakan manusia di Asia dan Latin Amerika. Pada akhir abad, terdapat permasalahan pengungsi baru di Afrika, menjadikan adanya siklus yang berulang dan membawa gelombang pengungsi baru di Eropa menyusul serangkaian perang di daerah Balkan.

Pada awal abad 21, UNHCR telah membantu berbagai krisis pengungsi terbesar di Afrika seperti di Republik Demokrat Kongo dan Somalia, serta di Asia, terutama dalam permasalahan pengungsi di Afghanistan yang berlangsung selama 30 tahun. Pada saat yang sama, UNHCR diminta untuk menggunakan keahliannya untuk mengatasi permasalahan pengungsi internal yang disebabkan oleh konflik. Disamping itu, peran UNHCR juga meluas hingga menangani bantuan bagi orang – orang tanpa kewarganegaraan, sebuah kelompok orang yang berjumlah jutaan namun tidak kasat mata, sementara mereka menghadapi bahaya kehilangan hak – hak dasarnya karena tidak memiliki kewarganegaraan. Di beberapa bagian dunia seperti Afrika dan Amerika Latin, mandat awal UNHCR yang ditetapkan pada tahun 1951 telah diperkuat dengan adanya perjanjian tentang instrumen hukum regional.

Pada tahun 1954, UNHCR memenangkan penghargaan Nobel Peace atas kerja besarnya membantu pengungsi di Europe. Mandatnya kemudian diperluas hingga akhir dekade. Lebih dari 25 tahun kemudian, UNHCR menerima penghargaan pada tahun 1981 atas kontribusinya yang berupa bantuan global bagi para pengungsi dengan kutipan yang menggarisbawahi hambatan politik yang harus dihadapi UNHCR. Dari jumlah Negara anggota sebanyak 34 staff pada saat awal berdirinya, saat ini UNHCR telah memiliki 7,190 staff nasional dan internasional, termasuk 702 orang yang bekerja di kantor pusat di Geneva. UNHCR bekerja di 123 negara, dengan staff yang berbasis di 124 lokasi utama, seperti di daerah dan kantor cabang, dan 272 sub-kantor dan kantor lapangan yang seringkali berada di daerah terpencil.

Dana yang dibutuhkan telah berkembang dari US$300,000 pada saat pertama didirikan, hingga mencapai US$3.32 billion pada tahun 2011. in 2011. Lebih dari 43 juta orang mengalami pergerakan ke tempat yang tidak seharusnya di seluruh dunia. Saat ini UNHCR mengurus 36,4 juta orang yang diantaranya terdiri dari: 15,6 juta pengungsi internal, 10,4 juta pengungsi 2,5 juta orang yang kembali ke negara asalnya, 6,5 juta orang tanpa kewarganegaraan, lebih dari 980,000 pencari suaka dan lebih dari 400,000 orang yang menjadi perhatian UNHCR lainnya. Sebuah organisasi yang awalnya memiliki mandat bekerja tiga tahun untuk menangani permasalahan pengungsi namun telah merayakan hari jadi-nya yang ke-60 pada 14 December 2010, menyadari bahwa kebutuhan kemanusiaan tidak akan pernah ada habisnya. (http://unhcr.or.id/id/tentang-unhcr/sejarah-unhcr)

Lowongan Kerja Terbaru UNHCR Badan Pengungsi PBB

UNHCR - The UN Refugee Agency

Vacancy No: 14/INSJA/005

Recepcionist
Position No.: 10004739 (Fixed Team)
G-3 Level,
Jakarta

Duties and responsibilities:
  • The incumbent is supervised by the admin / programme officer and receive, screen and assist visitors/clients and escorts them to responsible officer concerned.
  • Adopt tactful attitude to inform and convince interlocutors to accept unforeseen situations, such as waiting longer than expected, meet with a different officer than expected or accepting the cancellation of an appointment.
  • Answer to incoming calls and transfer to concerned officer and/or take messages or provide general information, understanding the importance and the confidentiality of the issues treated.
  • Receive and transmit verbal and written messages to appropriate officer/office/unit/department.
  • Record the incoming and outgoing mail and manage internal courier distribution, as appropriate.
  • Arrange for flight reservations and hotel bookings for staff following the established procedures, coordinate drivers activities.
  • Utilise office equipment (telephone, fax, radio, computer, etc) when necessary.

Education and Experience:
Minimum completion of secondary educations. With minimum 3 years of experience in relevant work area.

Languages:
Excellent knowledge of English and Bahasa Indonesia (writen and spoken)

Competence and Skills:
Analytical thinking, Planning and Organizing, Change Capability and Adaptability.

Interested applicants are requested submit: CV, Motivation letter and completed P.11 form. (Available at: www.unhcr.org/recruit/p11new.doc) to UNHCR Indonesia at:

Menara Ravindo Lt.14 Jl. Kebon Sirih Kav.75 Jakarta 10340
Or Via e-mail to: INSJA@unhcr.org
Deadline for aplications: 03 Oktober 2014

Please indicate the post title and vacancy number on the envelope or subject of e-mail. Open to Indonesia Nationals or PR holder. Applications from all gender are encouraged.

Only short-listed candidates will be notified.

Demikian Informasi Lowongan Kerja Terbaru UNHCR Badan Pengungsi PBB. Jangan lupa harap diperhatikan, bahwa Batas Waktu terakhir tanggal 3 Oktober 2014. Salam Sukes. Good Luck.

Sumber: Koran Kompas Edisi Cetak tanggal 20 September 2014.

2 Responses to "Lowongan Kerja Terbaru UNHCR Badan Pengungsi PBB "